CekJakarta – Penyelenggaraan Sail Nias 2019 bakal menjadi tonggak sejarah dalam pertumbuhan pariwisata nasional khususnya di kepulauan Nias. Event tahunan yang bakal dihadiri Presiden Joko Widodo ini, juga telah menyelenggarakan berbagai rangkaian acara.

Demikian disampaikan Staf Ahli Kementerian Perdagangan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Sutriono Edi dalam pembukaan Pameran Wonderful Nias Expo di Kabupaten Nias Selatan.

“Tentu ini jadi momentum bahwa acara yang akan diselenggarakan disini dan akan diresmikan oleh Bapak Presiden. Ini akan menjadi tonggak sejarah untuk lebih besar lagi destinasi wisata di Nias,” kata Sutriono di Nias Selatan, Kepulauan Nias, Rabu, (11/09/2019).

Tidak hanya sektor pariwisata, Sutriono juga menyampaikan komitmen pemerintah merespon potensi sumber daya alam di kepulauan Nias. Diantaranya melalui momentum Sail Nias 2019 ini.

“Kekayaan alam di Kepulauan Nias ini dapat memberikan nilai tambah, baik dalam sektor perdagangan maupun investasi. Misalnya sepanjang jalan itu banyak sekali pohon kelapa yang bisa diolah,” jelasnya.

Sutriono melihat dalam sektor perdagangan, pohon kelapa menjadi salah satu sumber penghasilan terbesar di Kepulauan Nias. Hal itu menurutnya penting untuk dikembangkan dalam rangka percepatan ekonomi masyarakat.

“Kalau bisa diolah (potensi dari pohon kelapa) oleh teman-teman di Pulau Nias, akan sangat berguna, semua pohon kelapa yang ada disini bisa dijadikan uang,” ungkapnya

Lebih jelasnya, menurut Sutriono, pohon kelapa memiliki manfaat yang banyak, tidak hanya buah kelapa itu sendiri, tetapi juga sabut kelapa, minyak dan ekosistem lain di dalamnya.

“Ini kedepannya bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat Nias, kami dari Kementerian Perdagangan akan sangat mendukung sekali semua upaya-upaya perbaikan ekonomi di Nias,” imbuhnya.

Sutriono didampingi Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Taufik Madjid, Bupati Nias Selatan Holarius Duha dan beberapa pejabat lain dalam pembukaan Wonderful Nias Expo 2019. (Jpp/mhd)