Pemerintah Akan Melakukan Pembukaan Perwakilan RI di Yaounde

CekJakarta – Guna menunjang diplomasi ekonomi, khususnya di wilayah Afrika, Indonesia terus melakukan penguatan infrastruktur diplomasi Indonesia.

Dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI di Jakarta, Kamis (22/8/2019), disebutkan Pemerintah akan melakukan pembukaan perwakilan RI di Yaounde, ibukota Kamerun. Pembukaan perwakilan ini agar diplomasi RI di kawasan Afrika Barat dan Afrika Tengah dapat lebih fokus dan efektif.

Selain itu, Indonesia juga akan tingkatkan status KBRI Antananarivo di Madagaskar, yang sebelumnya dipimpin oleh Kuasa Usaha Tetap, dalam waktu dekat akan dipimpin oleh seorang Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh.

Hal lain terkait penguatan infrastruktur diplomasi di kawasan Afrika adalah dengan meningkatkan jumlah Konsul Kehormatan (Konhor) RI di Afrika sebesar 70% menjadi 22 Konhor tahun ini, dengan kemungkinan penambahan 4 Konhor lagi.

Tujuannya untuk memastikan dukungan kepada seluruh pemangku kepentingan Indonesia dalam memperkuat kerja sama di Afrika melalui para Konjor yang menjadi perpanjangan tangan Pemerintah Indonesia, meskipun dalam suatu negara tersebut belum terdapat Kedutaan Besar RI.

Ke depan, Indonesia akan terus menginisiasi pertemuan-pertemuan dengan hasil konkret yang bermanfaat bagi peningkatan kemakmuran masyarakat Indonesia dan Afrika. (kln)