Syukur Palapa Ring Timur Akhirnya Beroperasi

CekJakarta РProyek Palapa Ring Paket Timur yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 Oktober 2019 menandai telah terhubungnya seluruh proyek tersebut, di mana sebelumnya Paket Barat dan Paket Tengah sudah lebih dulu rampung pengerjaannya.

Resmi beroperasinya Paket Timur ini pun disyukuri oleh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah timur, karena selama ini mereka telah menunggu-nunggu proyek tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayawijaya Isak SF Sawaki dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema “Menghitung Dampak Palapa Ring”, bertempat di Ruang Serba Guna, Gedung Utama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Selasa (15/10/2019).

“Selama ini, walaupun di tampilan kami ada 4G, tapi layanannya tidak seperti 4G sehingga sering menjadi keluhan masyarakat. Oleh sebab itu, sampai saat ini masyarakat, termasuk kami di pemerintahan, selalu bertanya kapan Palapa Ring mulai beroperasi. Tapi kami bersyukur karena kemarin sudah diresmikan Presiden, sehingga harapan masyarakat bisa cepat kami penuhi,” tuturnya.

Lebih lanjut Isak menyampaikan harapannya, bahwa dengan hadirnya Palapa Ring, cita-cita merdeka sinyal yang selama ini didengungkan dapat terealisasi pada 2020.

“Walaupun dikatakan Papua lebih dulu terbit sinar matahari, tapi lambat dalam perkembangannya. Harusnya Papua yang lebih dulu menikmati sinar matahari, lebih dulu juga menikmati yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat. Mudah-mudahan dengan Palapa Ring ini menjadi yang betul-betul diharapkan menghidupkan sendi-sendi kehidupan di masyarakat,” tandas Isak.

Turut hadir sebagai narasumber dalam FMB 9 kali ini Dirut Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemkominfo Anang Achmad Latif, Asisten Deputi Telematika Utilitas Kemenko Perekonomian Eddy Satriya, VP Regulatory Management Telkomsel Andi Agus Akbar, Bupati Asmat Elisa Kambu, dan Praktisi Start-Up asal Papua Billy Mambrasar.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube). (nba)