Jakarta – Gempa berkekuatan 5,2 Magnitudo yang terjadi di darat 62KM Yalimo Papua. Menurut BMKG gempa terjadi pada pukul 11.37 WIB Sabtu (7/3/2020), gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

bmkg.go.id

Lokasi gempa ada di titik koordinat 4,16 Lintang Selatan (LS) dan 139,55 Bujur Timur BT, tulis BMKG. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan gempa yang awalnya disebut di Yahukimo itu terjadi pukul 11.37 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo M 5,2. “Kemudian dimutakhirkan menjadi M=4,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.95 LS dan 139.42 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 46 km arah Tenggara Kota Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua pada kedalaman 47 km,” kata Rahmat

Tidak hanya di Yalimo, guncangan gempabumi ini juga dirasakan di daerah Wamena dengan skala II-III Modified Mercalli Intensity (MMI). Yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah dan Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Hingga pukul 12:00 hasil pengamatan BMKG belum menunjukan adanya gempa susulan.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak benar. Warga juga diimbau menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.