Faan Maruhawa : Peduli COVID 19 Hidup Untuk Berbagi

“Dalam hidup ini apa yang kita miliki sesungguhnya ada bagian/milik orang lain”, ini adalah ungkapan yang disampaikan Bapak Faanakhododo Maruhawa, sebagai ketua umum PMNBI (Persatuan Masyarakat Nias Barat Indonesia) ketika menyampaikan bantuan sosial kepada keluarga warga Nias Barat di Bogor, pada hari Sabtu 18 April 2020.

Pembagian bantuan sosial tersebut dilakukan ketika dampak covid 19 dan keluarnya kebijakan pemerintah tentang PSBB telah membuat banyak keluarga yang hilang mata pencaharian, mengakibatkan banyak keluarga yang mendadak berhenti bekerja sehingga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari.

Dalam kondisi tersebut PMNBI sebagai wadah atau organisasi masyarakat Nias Barat, berinisiatif untuk membantu keluarga-keluarga tersebut dengan membentuk tim kerja yaitu Tim Bansos Dampak Covid 19 yang diketuai DR. Syukyr Rachmat Gulo, ST. Tim dimaksud menghimpun bantuan partisipasi dari pengurus mulai DPP, Pembina, Penasehat, Dewan Pakar, DPW & DPC seluruh Indonesia, termasuk dari pihak lain yang bersimpati dan membantu kegiatan aksi sosial PMNBI.

Kegiatan Tim Bansos PMNBI, direncanakan akan menyalurkan bantuan yang sudah terhimpun diwilayah Jabodetabek serta Bandung. Dan penyaluran perdana diawali diwilayah Bogor yang meliputi lebih kurang 50KK dan bahkan informasi sebenarnya diwilayah tersebut masih banyak keluarga yang sangat menderita akibat kondisi covid 19.

Adapun PMNBI juga mendapat sumbangan dari GEKIRA (Gerakan Kristiani Indonesia Raya) berupa 500 kg beras dan kebetulan sembako yg dibagikan diwilayah Bogor, beras-nya dari sumbangan GEKIRA. Dalam kepengurusan GEKIRA pak Faan Maruhawa juga salah seorang ketua bidang.

Bantuan sosial ini, oleh ketua Tim menyampaikan bahwa ditujukan dan lebih diprioritaskan kepada keluarga yang hilang sumber pendapatan, keluarga atau janda dan keluarga yang sangat berkekurangan.

Pada kesempatan tersebut, ketua umum PMNBI yg lebih akrab dipanggil di Nias Bapak Ama Moses, mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur, para penyumbang termasuk kepada GEKIRA, dimana selain membantu beras juga alat-alat kebutuhan medis berupa masker, APD dan face shield yang akan segera dikirim di Nias Barat. Dihimbau kepada masyarakat Nias Barat dimanapun berada untuk tetap menjaga diri serta mengikuti arahan dari pemerintah agar menghindari kerumunan bahkan lebih baik displin untuk tinggal dirumah, menjaga kebersihan serta tetap mencuci tangan dengan sabun dan bersih.

Kondisi keluarga yang mengalami dampak covid 19 ini khususnya warga Nias Barat sangat butuh perhatian, maka DPP PMNBI & Tim Bansos terus bekerja dan menghimpun bantuan serta sangat berharap uluran tangan dari siapapun untuk membagi kasih kepada sesama, demi menyambung hidup karena kondisi pada saat ini banyak keluarga yang sangat memprihatinkan.

“Kita doakan, kiranya Tuhan Yang Maha Pengasih, menolong kita semua dan semoga wabah ini cepat berlalu sehingga kehidupan kita bisa kembali normal dan kepada pasien-pasien yang positif covid 19 dapat disembuhkan”, sebagai himbauan dan kata penutup dari ketua umum PMNBI.