Reporter: Mutiara Nur Shafira A.

STIE Dewantara menyerahkan donasi masker, sarung tangan, hand sanitizer, tempat cuci tangan, dan bibit tanaman kepada bank sampah yang dikelola oleh RW 14 Perumahan Puri Nirwana 1, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/8/2020).

Program ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa STIE Dewantara yang telah dilakukan secara rutin. Penyerahan donasi ini bertepatan dengan wabah COVID-19 dimana barang-barang tersebut merupakan hal yang paling dibutuhkan saat ini. Sekaligus untuk mengingatkan masyarakat dan diri sendiri agar tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

 

“Dana diperoleh dari mahasiswa, sponsor, kampus, dan bekerja sama dengan yayasan peduli lingkungan,” ujar Zeze Zakaria Hamzah selaku perwakilan kampus. Pihak kampus juga tidak mematok berapa target dana yang harus dikumpulkan mahasiswa. Namun, diharapkan mahasiswa mendapatkan konsep pendidikan kampus dari proses pencarian dana tersebut.

Hendra Budiana, selaku ketua panitia menyampaikan harapannya agar program ini dapat memberikan manfaat kepada warga dan mahasiswa untuk mendapatkan ilmu dan inspirasi yang dapat digunakan di lingkungannya masing-masing.

Pemilihan bank sampah sebagai objek pengabdian masyarakat dilatarbelakangi oleh permasalahan sampah yang tidak pernah berakhir. Selain itu, terdapat bank sampah yang berjalan dengan baik dan aktif bahkan sudah menerima berbagai penghargaan.

“Sampah bukan menjadi masalah namun dapat menjadi nilai ekonomi apabila dikelola dengan baik,” ujar Benny Osta Nababan ketua LPPM STIE Dewantara.

Ia juga menambahkan, ilmu ekonomi yang didapatkan mahasiswa juga masih berhubungan dengan apa yang dihasilkan dari bank sampah itu sendiri. Sehingga, diharapkan mahasiswa dapat melakukan penelitian bank sampah dari sisi ekonomi maupun kelembagaannya.

Program pengabdian masyarakat ini dimulai dari pemberian tempat cuci tangan, dan tempat galon. Dilanjutkan dengan pemberian masker, hand sanitizer, dan sarung tangan kepada perwakilan pengurus bank sampah setiap RT. Lalu penyerahan bibit tanaman dan peralatannya kepada ketua KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari).

Selanjutnya STIE Dewantara melakukan kunjungan  ke unit-unit kegiatan masyarakat RW 14. Mulai dari saung bibit, apotek hidup, hingga kebun hidroponik. Ketua RW setempat mengatakan bahwa segala bibit yang ditanam di lingkungan ini, dapat langsung dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.