CIBINONG – Ketua Umum Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) Kabupaten Bogor, Drs H Dadang Abdulrakhman M.Si, secara resmi mengukuhkan Kepengurusan Bapopsi Kabupaten Bogor periode 2019-2023, yang digelar di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Rabu (7/10).

Pada pelantikan Pengurus Bapopsi Kabupaten Bogor periode 2019-2023 dihadiri langsung Bupati Ade Yasin, Wakil Bupati Iwan Setiawan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bambang Setiawan, Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Usep Supratman, dan beberap unsur lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Ade Yasin mengatakan kepada Pengurus Bapopsi Kabupaten Bogor, agar mampu menjalankan amanah dan menunjukan komitmen dalam Bapopsi. Bahkan kata Bupati Bapopsi juga harus mampu mengemban amanah dan komitmen dalam menjadikan BAPOPSI sebagai wadah untuk menjaring atlet yang potensial dan berkualitas.” ucapnya.

“Semoga dengan tujuannya dunia olahraga di Kabupaten Bogor bisa lebih berprestasi, disetiap event olahraga, dan pembinaan atlet terus berjalan. Apalagi kita juga akan menghadapi Popda, Porprov maupun event-event lainnya. Baik tingkat daerah, nasional, maupun internasional,” ujar Ade Yasin.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Barat itu menjelaskan, setelah dikukuhkannya kepengurusan Bapopsi periode 2019-2023, harus tetap mampu menjadikan atlet-atlet pelajar Kabupaten Bogor menjadi juara disetiap event resmi daerah, nasional, ataupun skala internasional.

“Saya ingin Bapopsi ini bisa berinovasi untuk menggelar event yang menarik perhatian masyarakat. Sehingga secara langsung dapat mendukung kemajuan olahraga, dan mendorong minat para pelajar untuk mencintai dunia olahraga menjadi prestasi,” tegasnya.

Akan tetapi tambah Ade Yasin, dengan luas Kabupaten Bogor, serta jumlah penduduk yang cukup banyak, tentunya jadi tantangan bagi Bapopsi Kabupaten Bogor memberi pelayanan dan menjamin pemerataan akses secara efektif dan merata kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Bogor. Jadi peran serta dari Bapopsi, cabang olahraga maupun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sangat penting sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pembangunan dan pemerataan olahraga di ‘Bumi Tegar Beriman’.

Ade Yasin juga berharap, keberadaan Bapopsi bisa membawa olahraga di Kabupaten Bogor lebih berprestasi, dan semarak. Selain itu, Bupati meminta kepada pengurus Bapopsi agar terus melakukan pembinaan secara berkelanjutan. Bahkan
Ia sangat yakin, daerah yang dipimpinnya bisa menjadi juara.

Sementara, Ketua Umum Bapopsi Jawa Barat Dadang Abdulrakhman menekankan Bapopsi Kabupaten Bogor harus bisa mencatat prestasi olahraga di semua tingkatan, dan mencetak atlet andal. Apalagi, Kabupaten Bogor memiliki bibit atlet yang cukup banyak, dan berkualitas.

“Kabupaten Bogor punya Pusat Pendidikan Olahraga Pelajar dan Mahasiswa. Jadi Kabupaten Bogor bisa menjadi percontohan yang luar biasa dalam pembinaan atlet pelajarnya. Ditambah lagi PPOPM Kabupaten Bogor ini terbaik di Jawa Barat. Jadi saya ingin Bapopsi jangan berhenti melakukan pembinaan, membangun, dan melatih ‘bibit-bibit’ andal. Jadi saya ingin Bapopsi Kabupaten Bogor harus bisa terus mempersiapkan atlet-atlet terbaiknya,” kata Dadang Abdulrakhman.

Ditempat yang sama Ketua Umum Bapopsi Kabupaten Bogor, Mustakim menuturkan, pasca pelantikan, pihaknya akan fokus membentuk kepengurusan Bapopsi tingkat Kecamatan, dan sekaligus akan mengadakan Rapat Kerja (Raker) untuk membahas agenda kedepan.

“Pengurus Kecamatan juga akan dilantik. Namun, mengingat kondisi yang saat ini masih dalam zona merah, maka pelantikan pengurus kecamatan dilalukan di wilayah Kecamatan Cibinong saja. Sedangkan kecamatan-kecamatan lainnya akan mengikuti secara zoom atau virtual,” kata Mustakim. ADI