Harapan M Ichsan terhadap Eksistensi Bandara Kertajati

Bandung, Cekberita.net – Saat ini bandara Kertajati yang menjadi tempat perawatan dan servis pesawat terbang sangat disayangkan oleh anggota komisi IV DPRD Jawa Barat, Mochamad Ichsan Maoluddin.

Politisi PKS ini menuturkan bahwa sebenarnya jika tidak terjadi pandemi Covid-19 di tahun kemarin, bandara tersebut sudah mendapat masukan dan menjadi lampu hijau agar bandara Kertajati menjadi tempat pemberangkatan utama jamaah haji dan umrah Jawa Barat ke Arab Saudi.

“Tapi karena issue Covid ini, mendera seluruh elemen termasuk pembangunan Kertajati, maka semua pemberangkatan dicancel,” tutur Ichsan, Senin (05/04/2021).

Namun memori itu telah disampaikan lagi bahwa ketika pandemi Covid-19 selesai maka cita-cita tersebut akan dilanjutkan.

“Semua KBIH atau travel itu juga sangat menunggu untuk pemberangkatan haji dan umrah, karena tidak bisa sepihak, karena walaupun di Indonesianya siap, belum tentu di Saudinya mengizinkan, jadi bukan masalah berangkat tidak berangkat tapi masalah pemberangkatan haji itu sudah dibuka dengan seluas-luasnya atau tidak, bahkan pemerintah Arab Saudi juga belum membuka akses untuk umum,” papar Ichsan.

Menurutnya pandemi yang sudah berjalan satu tahun ini dimana semua pihak tidak hanya komisi IV saja mengalami pengaruh akibat Covid-19.