Bandung, Cekberita.net – Hari buruh 2021 menyisakan catatan yang cukup menarik untuk dikritisi oleh anggota DPRD Jawa Barat, Mochamad Ichsan Maoluddin.

Pemprov Jabar yang telah bersedia menjadi penengah antara pihak perusahaan dengan pihak buruh terkait THR, juga mendapat masukan tambahan dari M Ichsan.

“Peran-peran kita secara kedaerahan atau lokal kota-kabupaten baik itu provinsi yaitu, meneguhkan para pengusaha agar betul-betul buruh itu dijadikan mitra kerja,” ujar Ichsan, Senin (03/05/2021).

Hal tersebut diyakini politisi PKS ini akan mendatangkan kesuksesan bersama baik itu dari sisi produktifitas, maupun target kerja. Sedangkan dari sisi buruh bisa menunjukan kinerjanya lebih baik lagi disertai tanggung jawab.

“Saya kira hal itu bisa menjadi langkah-langkah yang konstruktif, hanya saja ini sudah menjadi undang-undang akhirnya teman-teman kita buruh di tingkat pusat masih menunggu hasi dari judisial review di mahkamah konstitusi,” kata Ichsan.

Dengan tegas, M Ichsan pun mengingatkan kepada semua pihak terkait bahwa Mayday adalah moment pengingat bahwa buruh adalah kesuksesan dari sebuah usaha.

“Jadi bagaimana para pekerja itu tetap dijaga keberlangsungannya, tidak semua insan buruh itu menjadi wirausahawan, mereka masih bertumpu secara kemampuan lokal masih ada diperusahaan itu,” pungkas Ichsan.

Dirinya pun mengajak para pengusaha untuk menjaga hubungan secara industrial antara pekerja dan pengusaha disamping menjaga agar bisa berkesinambungan pekerjaannya.