CIBINONG – Rapat paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Bogor Tahun Anggaran 2020, Jum’at (30/4) menjadi momen spesial bagi Sekretaris DPRD Kabupaten Bogor, Ronny Sukmana. Di hari tersebut, pria kelahiran Bandung 27 April 1961 ini menggenapi masa pengabdiannya sebagai Aparatur Sipil Negara. Alumnus FISIP Universitas Padjajaran Bandung dan Magister Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan Institut Pertanian Bogor itu, memasuki masa pensiun setelah mengabdi selama 34 tahun 9 bulan di Pemerintahan Kabupaten Bogor.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengatakan selain karena sudah menjadi kewajiban bagi DPRD untuk menyelenggarakan paripurna LKPj Bupati, rapat paripurna kali ini juga dipersiapkan untuk memberikan apresiasi kepada Sekretaris DPRD yang memasuki masa pensiun. “Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian beliau kepada bangsa Indonesia melalui Pemerintah Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Karena itu di hari terakhir kerja Ronny Sukmana sebagai ASN dengan jabatan Sekretaris DPRD Kabupaten Bogor, Rudy ingin mempersembahkan momen spesial dari anggota dan staf di DPRD Kabupaten Bogor. “Kami juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, karena dalam kita bekerjasama di DPRD Kabupaten Bogor, tentu ada sikap-sikap baik dari saya maupun dari anggota DPRD Kabupaten Bogor lainnya yang kurang berkenan di hati bapak, kami mohon dimaafkan,” katanya.

Rudy juga berharap, memasuki masa purna tugas, Ronny Sukmana terus melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara ini. “Purna tugas bukan akhir dari segalanya, tetap lanjutkan pengabdianmu kepada bangsa Indonesia,” katanya.

Bupati Bogor, Ade Yasin juga memberikan apresiasi kepada Ronny Sukmana. Ditengah sambutan resmi menanggapi rekomendasi DPRD Kabupaten Bogor terhadap LKPj, Ade Yasin menyampaikan terima kasih kepada Ronny Sukmana yang mulai 1 Mei 2021 memasuki masa pensiun. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor saya ucapkan terimakasih atas dedikasi dan pengabdian bapak,” kata Ade Yasin.

Apresiasi juga disampaikan pejabat struktural dan staf di lingkungan DPRD Kabupaten Bogor. Kabag Perundang-undangan dan Persidangan, Yunita Mustika Putri menilai, Ronny Sukmana merupakan figur pimpinan yang baik. “Seperti seorang bapak,” katanya.

Banyak hal yang dipelajari Yuni dari sosok Ronny Sukmana. Menurut dia, Ronny adalah sosok yang menjalankan tugas dengan sangat optimis dan tenang. “Beliau itu selalu senyum, apapun yang dihadapi dia memberi rasa optimis dan bilang oke kita kerjain,” katanya.

Kasubag Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor, Ricky Setiadi juga memberikan penilaian yang sama. Ricky yang cukup lama menjadi staf di lingkungan DPRD Kabupaten Bogor mengaku selalu mendapat ide segar dari Ronny Sukmana dalam menjalankan tugas. “Beliau juga mengajarkan kami untuk tetap tersenyum dalam menjalankan tugas,” katanya.

Mendapat apresiasi dan kejutan dari anggota dan staf DPRD Kabupaten Bogor, Ronny Sukmana merasa sangat terharu. “Saya sangat terkejut, tiba-tiba istri dan anak saya ada di sini,” ujarnya.
Ronny juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu perjalanan karirnya. Dia juga menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan ucapan atau tindakan yang kurang berkenan baik kepada pimpinan maupun rekan sejawatnya.

Karir Ronny Sukmana di Pemerintah Kabupaten Bogor terbilang cukup moncer. Sebelum menjabat Sekretaris DPRD Kabupaten Bogor, Dia pernah menduduki jabatan Kabag Administrasi Pemerintahan, Kepala Badan Lingkungan Hidup, dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM. Ronny juga cukup konsen di bidang lingkungan hidup dan menekuni pendidikan non formal berkaitan pengelolaan lingkungan hidup. Dia juga cukup aktif berorganisasi, dan tercatat sebagai pembina Asosiasi Kuliner Indonesia, Pengurus International Council for Small Bussines (ICSB), Hidrovcom UMKM, dan penggagas Program Kampung Ramah Lingkungan Kabupaten Bogor. (*)