Keputusan Ridwan Kamil Hentikan 11 Proyek Infrastruktur, M Ichsan Ingin Gubernur Rincikan Refocusing Anggarannya

Bandung, Cekberita.net – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melakukan refocusing anggaran pembangunan 11 proyek infrastruktur sebesar Rp140 miliar untuk penanganan COVID-19. Refocusing anggaran tersebut menjadi bukti keseriusan Pemda Provinsi Jabar menangani pandemi COVID-19.

“Itu konsekuensi karena keselamatan nyawa adalah prinsip yang utama harus didahulukan,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memberikan keterangan pers via konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (1/7/2021).

Anggaran tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan dan suplemen bagi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Mendengar hal tersebut, Mochamad Ichsan Maoluddin mengatakan Ridwan Kamil harus merincikan refocusing anggaran dari 11 proyek infrastruktur tersebut.

“Pembicaraan secara langsung tidak demikian, kita melihat kebijakan-kebijakan itu dilihat dari pagu anggaran di tiap-tiap mitra kerja,” ujar Ichsan, Jum’at (02/07/2021).

Menurut politisi PKS tersebut ada beberapa anggaran yang dicoret sehingga dampaknya Komisi IV DPRD Jawa Barat harus memastikan anggaran yang direfocusing digunakan untuk penanganan Covid-19.

“Tidak digeneralisasi bahwa anggaran itu refocusing untuk penanganan Covid-19, karena penanganan Covid itu ada yang sifatnya dapat bantuan dari Pemerintah Pusat, dan mana yang sifatnya keprovinsian Jawa Barat,” tutup Ichsan.