Bandung, Cekberita.net – Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Mochamad Ichsan Maoluddin selesai melakukan monitoring dan evaluasi terkait arus mudik lebaran 2022. Dirinya bersama Komisi IV DPRD Jawa Barat telah mendatangi langsung posko mudik di Nagreg dan Padalarang, Jawa Barat selama 2 hari berturut-turut yaitu pada 11 dan 12 Mei 2022.

Menurutnya, laporan yang diterima Komisi IV dari Polda Jabar dan Dishub Jabar bahwa sistem one way yang diterapkan Polda Jabar khususnya di Nagreg mampu mengurangi angka kemacetan yang biasanya menjadi langganan di kawasan tersebut ketika musim lebaran tiba.

“Alhamdulillah lalu lintas Nagreg mengalami perbaikan, salah satunya ada penjelasan tentang one way yang kami nilai cukup efektif, kemudian disitu Polda Jabar dan Dishub bekerja sama dengan baik tapi, untuk menjadi kecelakaan lalu lintas tidak zero, ada juga tapi tidak separah tahun sebelumnya, tingkat kecelakaannya sudah rendah sekarang,” tutur M Ichsan kepada awak media, Rabu (16/05/2022).

Sistem one way ini juga diharapkan oleh M Ichsan mampu menjadi inspirasi untuk tahun-tahun yang akan datang guna mengurai kemacetan.

“Memang salah satu upaya bagi mereka yang mudik di luar jadwal one way, mereka harus bermacet-mancetan, artinya harus menunggu jadwal one way, tapi bagi mereka yang akan mudik difasilitasi dengan one way sangat terbantukan sekali, mereka tidak bermacet-macetan, tidak saling mendahului, sekarang sudah lebih baik ketimbang tahun kemarin,” pungkas M Ichsan.