Bandung, Cekberita.net – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memposting terkait pembangunan 9 ruas TOL baru di Jawa Barat sedang dibangun.

“Salah satunya Tol Bandung Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap yang akan dimulai tahun ini, dan Tahap 1 (Bandung-Tasikmalaya) diharapkan selesai tahun 2024,” tulis Ridwan Kamil di akun Instagram resminya yaitu @ridwankamil, Sabtu (07/05/2022).

Menurutnya, Jika terbangun, maka Lebaran 2025 sudah tidak perlu bermacet-macetan lagi di area Gentong-Limbangan seperti hari ini.

“Mohon doanya, agar upaya dan kinerja ini diberi kelancaran sampai pada saatnya infrastruktur ini digunakan masyarakat. Aamiin. Hatur Nuhun,” unggahnya.

Merespon unggahan ini, anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Mochamad Ichsan Maoluddin mengatakan bahwa Pemprov Jawa Barat hanya melaporkan ke DPRD Jabar terkait pembangunan jalan jalur tengah selatan bukannya tol Getaci.

“Ketika rencana itu akan diakses apalagi ada jalur tengah selatan, jalur tengah selatan walaupun sudah disiapkan dan dianggarkan tetapi kita perlu memantau lebih kedalam progresnya seperti apa karena beberapa kali rapat dengan mitra kerja itu menjadi pembahasan yang berulang artinya semoga itu bisa dalam waktu yang sudah terjadwalkan bisa terpenuhi,” ungkapnya, Senin (09/05/2022).

Hingga berita ini diturunkan baik terkait jalur tengah selatan maupun tol Getaci belum ada kabar lanjutan dari Pemprov Jabar maupun dinas terkait kepada Komisi IV DPRD Jawa Barat.

“Sebetulnya jalan itu ruas jalan yang bisa mengakses jalan nasional walaupun tol itu melintas, jalan itu berposisi di Jawa Barat, namun saya kira kalau terlalu membebani beban APBD sayang, jika bisa berkolaborasi dengan APBN Kenapa tidak,” imbuh M Ichsan.

Dirinya berharap jika jalan tol Getaci maupun jalur tengah selatan dibuka, hal tersebut akan sangat memudahkan untuk pengguna jalan sehingga tidak mengalami kemacetan.