Jakarta, Cekberita.net – Dalam upaya menerapkan praktik-praktik berkelanjutan di lingkungan perusahaan, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) berkomitmen mendorong pencapaian ESG atau _Environmental, Social_, dan _Governance_ di seluruh wilayah operasinya.

Komitmen tersebut ditandai dengan penandatanganan Sustainability Response atau Kebijakan keberlanjutan di lingkungan PT KPI oleh Direktur Utama Taufik Aditiyawarman dan dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Implementasi Kebijakan Keberlanjutan di Lingkungan PT KPI oleh seluruh jajaran Direksi lainnya yang akan dilaksanakan di seluruh wilayah operasi perusahaan.

Kebijakan keberlanjutan adalah tanggung jawab PT KPI untuk menciptakan wilayah unit operasi dan proyek yang memiliki sifat keberlanjutan terhadap lingkungan, guna memberikan dampak positif terhadap lingkungan selain ekonomi dan sosial. Melalui Kebijakan Keberlanjutan PT KPI menjunjung penaatan terhadap peraturan perundang-undangan demi pengembangan dan kontinuitas di seluruh unit operasi dan proyek.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT KPI Taufik Aditiyawarman menyampaikan, kebijakan keberlanjutan di lingkungan PT KPI diharapkan dapat mengintegrasikan seluruh inisitaif, strategi dan aktivitas perusahaan dengan lebih baik dalam konteks _Environmental Social Governance_ (ESG) terutama dengan melakukan kontribusi terhadap ekonomi, sumber daya manusia, lingkungan, serta pembangunan sosial. Diharapkan kebijakan keberlanjutan dapat menjadi komponen  yang terintegrasi dari operational excellence di PT KPI serta berkontribusi terhadap Sustainable Development Goals (SDGs).

“Kebijakan keberlanjutan yang hari ini disahkan, merupakan tanggung jawab kita bersama dalam menciptakan wilayah unit operasi dan proyek yang berorientasi pada keberlanjutan lingkungan, guna memberikan dampak positif terhadap lingkungan, ekonomi dan sosial. Dalam kesempatan yang baik ini, saya mengajak seluruh perwira PT Kilang Pertamina Internasional, untuk dapat berpartisipasi serta berupaya maksimal untuk berkontribusi terhadap program keberlanjutan yang sudah maupun yang akan terimplementasi, serta mengembangkan inisiatif – inisiatif baru yang berkaitan dengan topik – topik ESG,”jelas Taufik.

Nantinya komitmen keberlanjutan akan terus dipantau, melalui monitoring dan pelaporan secara rutin perkembangan serta capaiannya, yang dikoordinir oleh seluruh fungsi di Subholding R&P baik dari HSSE serta Corporate Secretary. Komitmen kebijakan keberlanjutan PT KPI, juga diikuti dengan berbagai aktivasi nyata yang dilaksanakan di Subholding Refining & Petrochemical, dan bisa diikuti seluruh keluarga besar Pertamina.

Aktivasi tersebut dikemas dalam Environmental Expo yang digelar mulai hari ini hingga 1 Juli 2022, meliputi kegiatan pengumpulan sampah spesifik atau sampah mengandung Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang ada di lingkup rumah tangga seperti sampah elektronik.

Selain itu, juga dilaksanakan sosialiasi bulk refill dengan mendatangkan tenant bulk refill kebutuhan rumah tangga, untuk mengajak pekerja membiasakan membeli barang kebutuhan rumah tangga dalam bentuk isi ulang/curah guna meminimalisir penggunaan kemasan. Kegiatan lainnya yakni uji emisi gratis dan webinar dengan topik pengelolaan sampah untuk mengurangi masalah lingkungan yang sudah diterapkan di masyarakat binaan unit operasi perusahaan, sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan.