Cianjur – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Barat, Yang Juga Anggota Komisi I DPR RI. Anton Sukartono Suratto, M.Si (Kang Anton) terjun langsung menyerahkan bantuan kepada korban Gempa di Cianjur, Rabu (23/11).

Rombongan jajaran pengurus DPD Demokrat Jawa Barat juga didampingi oleh, Syarif Hasan Anggota Anggota Komisi I DPR RI, Agung Budi Santoso Ketua DPC Demokrat Kota Cimahi yang juga Anggota DPR RI Komisi 3, Ketua DPC Cianjur Lilis boy, DPC Demokrat Subang, DPC Demokrat Sumedang serta Srikandi Demokrat Jawa Barat.

Sesampainya di lokasi bencana, Kang Anton terlebih dahulu mengajak rombongan untuk berdoa sejenak dengan menunduk sejenak untuk mendoakan parara korban. “Sebelumnya mari kita menundukan kepala sejenak untuk mendoakan saudara-saudara kita yang terkena bencana gempa bumi di Cianjur.” ajaknya dalam suasana hening dan haru.

Kang menambahkan, kegiatan rombongan harus kompak dan terorganisir.”Sesuai arahan Ketua umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) , saya beserta mengunjungi langsung para korban bencana yang berada di 3 titik.” Jelanya .

Adapun titik lokasi antara lain :

1. Desa Cikencana Kp. Cibeleng hilir Kec. Gekbrong
2.Desa Peuteuy Condong Kec. Cibeber Kab. Cianjur,
3. Desa Banjar Pinang Kec. Cugenang cijedil.

Pada kunjungan kali ini, kami menyerahkan bantuan Sebesar Rp. 120jt lebih, yaitu berupa uang cash sebesar Rp. 51jt (10jt sumbangan dari PIA (Persatuan Istri Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat) dan Rp. 41jt dari DPD serta DPC partai demokrat se- Jawa Barat dan Srikandi Partai Demokrat Jawa Barat.” Papar Kang Anton.

Selain itu bantuan lain yang diberikan sebesar 70jt berupa:

– Biscuit 130 pcs
– Air mineral. 10 dus
– Minyak kayu putih 36 pcs
– Sarden 1 dus
– Tenda pleton/pengungsi 1 buah
– Terpal uk 4×6 m 4 lmbar
– Selimut 150 pcs
– Beras 1 ton (20 karung)
– Paket sembako 200
– Susu bayi 44 pcs
– Minyak goreng 25 dus


Selain uang tunai dan sembako, Kang Anton menjelaskan, mendirikan dapur umum yang kedepanya menyediakan makanan sehari-hari untuk masyarakat yang terkena musibah ini sampai 2 minggu kedepan.

“ Walaupun bantuan ini tidak dapat menutup kesedihan dan kehilangan para korban bencana, setidaknya bantuan ini dapat membantu sedikit meringankan beban masyarakat.” Tambahnya.

Menurut data BNPB sampai dengan Rabu (23/11), korban jiwa sebanyak 268 jiwa, 151 korban yang masih hilang kemudian 58,362 korban mengungsi, 1.083 orang luka-luka. Kita terus berdoa agar tidak ada lagi korban jiwa serta korban yang hilang dapat ditemukan dengan kondisi sehat walafiat. (Ist)