Cek Austria — Austria menerapkan lockdown bagi warga yang belum menerima vaksin Covid-19 mulai hari ini, Senin (15/11), sebagai upaya untuk menekan lonjakan infeksi corona.
“Situasi ini serius. Kami mengambil keputusan ini dengan sulit, tapi sayangnya ini penting,” ujar Kanselir Austria, Alexander Schallenberg, Minggu (14/11).

AFP melaporkan bahwa lockdown ini berlaku bagi semua orang berusia 12 tahun ke atas di negara itu yang belum divaksinasi atau tidak baru saja sembuh Covid-19.

Di bawah aturan lockdown ini, mereka dilarang meninggalkan rumah kecuali untuk urusan esensial, seperti membeli kebutuhan sehari-hari, berolahraga, atau memerlukan perawatan medis.

Menteri Kesehatan Austria, Wolfgang Mueckstein, pemerintah akan melakukan peninjauan ulang aturan lockdown ini setelah 10 hari.

Saat ini, baru 65 persen dari nyaris 9 juta populasi di Austria yang sudah divaksin. Angka ini lebih rendah ketimbang rata-rata vaksinasi di negara-negara Eropa yang mencapai 67 persen.

Sementara itu, saat ini tingkat penularan Covid-19 di Austria merupakan salah satu yang tertinggi di Eropa dengan rata-rata 815 infeksi per 100 ribu orang.

Secara keseluruhan, Austria sudah melaporkan 948 ribu kasus Covid-19 dengan 11.689 kematian sejak pandemi melanda tahun lalu.

Schallenberg dan Mueckstein pun kembali mendorong warga untuk segera melakukan vaksinasi. Austria juga akan memulai vaksinasi anak berusia 5-11 tahun mulai hari ini. (Ist)